Mengakses Sosial Media Instagram

Trik Mendapatkan Sumber Ide Untuk Konten Instagram

Membuat konten yang menarik dan bisa mendatangkan follower untuk Instagram bukanlah perkara yang mudah. Bagi perusahaan-perusahaan terkenal dengan budget yang besar bahkan tak terbatas, mereka memilih menggunakan jasa konten Instagram. Namun bagi bisnis yang kecil atau yang ingin mengurus sendiri, perlu usaha ekstra untuk mencari sumber ide untuk kemudian dijadikan konten. 

Memang sangat benar konten adalah segalanya, namun mencari sumber ide adalah masalah lain yang kerap menjadi tantangan. Berikut ini sejumlah tips untuk mencari sumber ide konten Instagram. 

Repost Konten Dari Brand Relevan

Membuat konten yang menarik, membutuhkan waktu, akan tetapi melakukan repost konten akun lain, hanya tinggal copy paste saja. Anda bisa memanfaatkan akun Instagram lain, yang memiliki konten-konten menarik dengan target pasar yang relevan. 

Tidak ada yang salah dengan melakukan repost, mengcopy paste konten akun lain, selama anda meminta izin dan mencantumkan credit untuk mereka. Untuk melakukan repost konten akun Instagram lain caranya yakni : 

Pertama follow hashtag yang relevan dengan topik akun Instagram anda. Dari situ anda bisa melihat dan membuat daftar konten-konten menarik yang ada. Anda bisa melakukan bookmark atau save postingan dengan menekan tombol “Save Post” yang ada di sebelah kanan tengah postingan. Hal ini agar memudahkan anda untuk membuat daftar konten-konten menarik, untuk kemudian di post ulang di akun Instagram anda.

Setelah membuat daftar, pilih konten yang anda anggap paling menarik. Selanjutnya, hubungi akun bersangkutan untuk meminta izin melakukan repost di akun Instagram anda. Beritahu juga mereka bahwa anda juga akan mencantumkan credit. Kebanyakan akun akan merasa senang jika konten mereka direpost akun lain, karena akan meningkatkan engagement juga untuk akun mereka. Sebuah simbiosis mutualisme.

User Generated Content

Dalam hal menggunakan konten yang dibuat orang lain untuk akun Instagram anda, meminta followers untuk membuatkan konten adalah ide yang bagus. Metode ini dinamakan User Generated Content atau Konten yang dibuat pengguna. Pengertian umumnya adalah, sebuah konten yang dibuat oleh user untuk sebuah produk atau brand, dengan atau tanpa permintaan dari akun tersebut.

Sayangnya, metode ini hanya bisa dijalankan oleh akun yang sudah memiliki jumlah followers yang banyak dan loyal. Atau bisa juga dengan iming-iming pemberian hadiah. Ajak followers anda untuk berkompetisi memenangkan sebuah hadiah, dengan syarat membuatkan konten yang terkait dengan produk anda. 

Minta mereka untuk memposting konten itu di akun Instagram mereka, dengan mencantumkan link menuju akun Instagram anda. Selain mendapatkan hadiah, user akan merasa dihargai dan diajak berinteraksi, yang bisa untuk menumbuhkan loyalitas mereka. 

Meski demikian, anda juga harus memperhatikan konten dari user, agar tidak melanggar ketentuan atau aturan yang ditetapkan pihak Instagram. Juga jangan terlalu sering menggunakan metode ini, karena user akan merasa mereka hanya dimanfaatkan, dan ini buruk untuk akun anda kedepannya. 

Releated

Cara Membuat Konten Menarik di Instagram

Sekarang sudah banyak orang yang memanfaatkan sosial media bukan sebagai sarana hiburan atau komunikasi, melainkan untuk melancarkan bisnis. Contohnya di Instagram, Anda bisa menjadikannya tempat promosi yang efektif dengan membangun personal branding dan mendapatkan keuntungan yang besar. Membangun personal branding bukanlah suatu hal mudah. Anda harus mengetahui bagaimana trik mendapatkan konten Instagram yang menarik. Konten […]

Jasa Pembuatan Website Terbaik, Termurah dan Terpercaya

  Website atau yang lebih dikenal dengan web, adalah sekumpulan halaman yang dapat diakses menggunakan browser dan jaringan internet. Halaman tersebut bisa berisi informasi teks, tulisan, gambar, suara, maupun video yang memiliki tujuan tertentu. Sebenarnya, website dapat dibuat dan dimodifikasi sendiri. Namun tenang saja, ada banyak pihak yang menawarkan jasa pembuatan website. Karena proses pembuatan […]