video conference

6 Tips Aman saat Video Conference

Suasana pandemic covid-19 membuat banyak orang harus bekerja atau berkuliah dari rumah. Agar tetap bisa bekerja dengan maksimal di rumah, video conference menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan. Namun, intaian hacker yang bisa saja mengganggu jalannya video conference tetap harus diwaspadai.

Untuk itu, klik di sini untuk tahu apa saja yang harus dilakukan agar tetap aman saat video conference.

  • Gunakan Platform dan jaringan yang Aman

Pilih platform atau aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan video conference. Namun, Anda tetap harus memastikan apakah platform tersebut aman untuk dipergunakan.

Selain platform, Anda juga harus mempertimbangkan mengenai keamanan jaringan. Anda bisa menggunakan session border controller atau SBC. Fungsinya adalah untuk mengatur trafik dan mencegah akses yang tidak dikenal masuk ke koneksi saat Anda sedang melakukan video conference.

Agar lebih aman, gunakan jaringan pribadi dan hindari menggunakan jaringan public. Dengan begitu keamanan data Anda akan lebih aman, terlebih Anda kurang begitu mengerti cara mengamankan jaringan.

  • Gunakan Enkripsi

Jenis enkripsi end to end untuk mengamankan percakapan Anda. saat ini, algoritma yang dipergunakan untuk video conference adalah AES 128 bit. Anda bisa mengecek apakah aplikasi Anda menggunakan fitur enkripsi tersebut atau tidak. Jika iya, berarti Anda bisa melakukan video conference dengan lebih aman.

  • Gunakan “Permission”

Anda tentu tidak ingin ada penyusup yang ikut masuk dalam video conference. Karena itu, Anda harus mengatur siapa saja yang bisa masuk. Misalnya akses hanya dibagikan di grup saja. Dengan begitu, hanya orang yang ada di grup tersebut yang bisa mengakses link tersebut untuk video conference.

video conference
video conference
  • Update Aplikasi

Jangan lupa untuk menggunakan versi terbaru dari aplikasi tersebut. Di versi terbaru, biasanya terdapat pembaruan dari versi sebelumnya. Misalnya sistemnya lebih aman untuk dipergunakan. Dengan begitu, video conference Anda juga akan semakin aman.

  • Atur Keamanan Aplikasi

Masing-masing aplikasi memiliki cara untuk mengatur keamanannya. Misalnya untuk Zoom, Anda bisa melakukan pengaturan pengaturannya agar tidak ada penyusup yaitu menggunakan hal berikut ini:

Buka pengaturan lalu ke dialog Schedule meeting dan matikan Join before host.

Menyalakan atau aktifkan require a password when scheduling new meetings dan only authenticated users can join the meetings.

Klik kotak kecil yang letaknya di samping dari prevent participants from saving chat pada dialog in the meeting. Tujuannya agar tidak ada peserta rapat yang menyimpan salinan dari video conference tersebut dan menyebarkannya di luar forum.

  • Selalu Perbarui ID dan Password

Untuk mencegah agar tidak ada penyusup yang meretas video conference, selalu perbarui ID dan password sebelum conference berlangsung. Untuk password, gunakan karakter yang kuat yaitu dengan kombinasi huruf besar dan kecil, angka dan karakter khusus misalnya #.

Dengan 6 cara tersebut, semoga video conference Anda berjalan dengan baik dan lancar. Selamat mencoba!

Releated

Apakah Kita Bisa Mendapatkan Keuntungan Kalau Menggunakan Jasa Edit Video? Berikut Pembahasannya

Apakah anda kita bisa mendapatkan keuntungan kalau menggunakan jasa edit video? Ya, tentu saja jawabannya kita bisa mendapatkan keuntungan. Dimana kita bisa menerima berbagai macam keuntungan jika menggunakan jasa edit video. Nah, dari sekian banyak keuntungannya, kami akan memberikan 5 keuntungan yang perlu diketahui oleh anda jika menggunakan jasa edit video. Dibawah ini sudah tersusun […]

5 Tips Memilih Jasa Edit Video Terpercaya

Pada pembahasan yang sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang tips saat video conference, nah kali ini kami akan menjelaskan seputaran video. Namun, pada saat ini akan lebih terfokus pada tips dalam memilih sebuah jasa edit video yang terpercaya. Kami disini akan memberikan 5 tips paling ampuh agar anda bisa menemukan penyedia jasa edit video yang terpercaya. […]