5 Software Desain Rumah untuk Pemula

5 Software Desain Rumah untuk Pemula

Sebagai seorang pemula, tentu Anda harus belajar dalam membuat sketsa bentuk bangunan yang akan Anda bangun. Untuk membuat sketsa, selain cara manual, Anda bisa menggunakan software desain rumah seperti berikut.

  • ArchiCAD
5 Software Desain Rumah untuk Pemula
5 Software Desain Rumah untuk Pemula

ArchiCAD termasuk sebagai salah satu software desain rumah yang ramah pemula. Ini karena ArchiCAD tidak hanya bisa Anda gunakan untuk membuat desain rumah dalam bentuk 2D tetapi juga 3D.

Walaupun banyak digunakan pemula dan mahasiswa baru arsitektur, sayangnya, ArchiCAD cukup rumit untuk digunakan.

  • Energy 3D

Anda tidak bisa melepas Energy 3D dari daftar software untuk membuat desain bangunan. Ini karena Energy 3D memiliki fitur lengkap, interface sederhana agar mudah untuk digunakan dan memiliki kualitas gambar 3D yang baik.

Setiap desain yang Anda buat ini bisa Anda  ekspor dalam bentuk format PNG. Setelah itu, Anda bisa membagikan hasilnya ke orang lain, misalnya ke tim atau klien.

(baca: jasa company profile)

  • SweetHome 3D

SweetHome 3D tidak hanya digunakan oleh para pemula tetapi juga para desainer rumah yang profesional. Ini karena SweetHome mudah untuk digunakan dan memiliki fitur serta plugin yang lengkap. Bahkan, Anda bisa menambah fitur dan plugin tambahan dari website resminya jika Anda masih merasa kurang.

Sedangkan untuk membantu presentasi dan portofolio, Anda bisa menggunakan room tour dan merekamnya. Dengan begitu, orang lain terutama klien bisa merasakan secara nyata bagaimana rasanya berkeliling di bangunan yang Anda rancang.

  • SketchUP Pro

SketchUP Pro termasuk sebagai software yang paling banyak digunakan pemula. Walaupun ada title pro, tetapi, sebagai pemula Anda tetap bisa mengoperasikannya dengan mudah. Ini karena interface SketchUp Pro yang sederhana.

Di sisi lain, banyak tutorial tentang penggunaan SketchUP terutama dalam bentuk video. Dengan begitu, proses belajar Anda menggunakan SketchUp akan semakin mudah.

Dengan menggunakan SketchUp Pro, Anda bisa membuat desain dalam bentuk 2D ke 3D. selain itu, Anda bisa juga mengubah desain ke bentuk animasi. Jadi, bisa Anda gunakan untuk presentasi dan klien lebih mudah memahami desain bangunan Anda.

  • DreamPlan

Sesuai namanya, DreamPlan, aplikasi ini membantu Anda mewujudkan desain bangunan impian Anda. Namun, Anda hanya bisa menggunakan DreamPlan untuk mendesain bangunan kecil seperti rumah.

DreamPlan memiliki interface yang sederhana yang memudahkan Anda untuk mengoperasikannya. Selain itu fitur yang disediakan cukup lengkap. Jadi, sebagai pemula, Anda bisa membuat desain eksterior ataupun interior sedetail mungkin.

Sayangnya, tidak semua orang bisa menggunakan DreamPlan. Ini karena DreamPlan hanya bisa digunakan di perangkat dari Apple seperti di Mac OS dengan seri tertentu.

Itulah 5 pilihan software desain rumah yang cocok untuk pemula. Agar lebih nyaman saat menggunakannya, cari tahu lebih dahulu secara lengkap mengenai software di atas dan pertimbangkan perangkat Anda ya. 

Releated

4 Desain Rumah Unik dan Terkecil di Dunia

4 Desain Rumah Unik dan Terkecil di Dunia

Banyak orang yang masih memusingkan memiliki rumah di lahan yang terbatas. Padahal, banyak yang sudah membuktikan kalau lahan kecil bisa juga untuk membangun rumah. Seperti desain rumah unik berikut yang dibangun di lahan yang kecil. Quay House, Britania Raya Di Conwy, Wales, Britania Raya, terdapat rumah terkecil di dunia yang disebut dengan Quay House. Rumah […]

Jasa pembuatan company profile murah

Cara Memilih Jasa Pembuatan Company Profile Murah

Anda mungkin sudah sering menerima penawaran dari penyedia jasa pembuatan company profile murah. Berbagai keunggulan pun ditawarkan dengan jaminan kualitas, harga, garansi, dan lain sebagainya. Tapi, ketika dihadapkan pada sekian banyak pilihan dengan keunggulan yang berbeda-beda, menentukan pilihan bukanlah hal yang mudah. Kalau Anda berniat untuk membuat company profile dengan menggunakan jasa profesional, kami sarankan untuk […]