3 Cara Cek Backlink Kompetitor yang Mudah Dilakukan

3 Cara Cek Backlink Kompetitor yang Mudah Dilakukan

Cara cek backlink kompetitor biasanya dilakukan untuk tujuan tertentu. Diantaranya adalah:

  1. Mengetahui strategi yang sedang dilakukan oleh competitor.
  2. Mendapatkan insight sehingga bisa menerapkan strategi baru.
  3. Mengambil celah agar bisa bersaing dengan competitor.

Untuk mengeceknya, Anda bisa melakukan dengan mudah dengan menggunakan tools. Namun, tools apa saja yang bisa digunakan?

Tool Cek Backlink Kompetitor

Untuk mengecek backlink kompetitor, setidaknya Anda bisa menggunakan 3 tools seperti berikut ini.

Ahref

Ahref bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Namun, akan lebih baik untuk menggunakan Ahref yang berbayar.

Kenapa? karena Anda akan bisa mendapatkan data yang lebih lengkap. Dengan begitu, Anda bisa melakukan analisa dengan lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Untuk menggunakannya, maka Anda harus punya akun terlebih dahulu. Kemudian, lakukan cara berikut ini:

  1. Tentukan website mana yang ingin Anda cek backlinknya.
  2. Masukkan URL website tersebut ke kolom di ahref. Kemudian, enter atau klik tombol pencarian.
  3. Tunggu hingga pencarian selesai.

Dari hasil pencarian tersebut, Anda bisa melihat data seperti backlink tentang pengertian link, anchor text yang digunakan, sumber backlink dan yang lainnya. Data inilah yang bisa Anda analisa kemudian Anda pergunakan untuk membuat strategi website Anda sendiri.

  • SEMRUsh

SEMRush bisa Anda pergunakan untuk mengecek backlink kompetitor Anda dengan lebih mudah. Keunggulan dari SEMRush adalah data atau informasi backlink yang diupdate secara berkala. Jadi, Anda bisa mendapatkan data kompetitor dengan lebih lengkap.

Untuk menggunakannya, maka Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Baru setelah itu, Anda bisa menentukan apakah akan menggunakan masa trial atau berlangganan.

Untuk mengeceknya, Anda hanya perlu memasukkan link ke kolom pencarian backlink yang tersedia.  Nantinya, Anda bisa mendapatkan data seperti:

  1. Jumlah backlink.
  2. Sumber backlink, termasuk URL dan judul halaman dari backlink tersebut.
  3. Anchor text.
  4. Otoritas domain dari sumber backlink.
  • Moz Link Explorer

Jika Anda ingin melakukan cara cek backlink kompetitor dan berapa besar DA PA-nya, maka Anda bisa menggunakan Moz. Moz memungkinkan Anda mengecek DA PA dengan lebih akurat.

3 Cara Cek Backlink Kompetitor yang Mudah Dilakukan
3 Cara Cek Backlink Kompetitor yang Mudah Dilakukan

Untuk mengecek backlink kompetitor, Anda bisa menggunakan Moz Link Explorer. Sebelum menggunakannya, baik gratis atau berbayar, Anda harus registrasi lebih dahulu. Baru setelah itu, Anda bisa memasukkan link kompetitor Anda dan kemudian mengeceknya.

Nantinya, Anda akan mendapatkan hasil backlink kompetitor yang lengkap. Mulai dari sumber backlink-nya hingga anchor text yang digunakan.

Jadi, cara cek backlink kompetitor bisa Anda lakukan dengan sangat mudah menggunakan 3 tools di atas. Jika Anda memiliki tools pilihan Anda sendiri, feel free untuk menggunakannya agar Anda lebih nyaman dan lebih mudah untuk menganalisanya.  

Releated

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Bisnis online merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan secara online dan sangat menarik perhatian. Banyak sekali orang-orang yang bisa membangun bisnis mereka sampai skala besar yang berawal dari bisnis online. Jika orang lain bisa, maka tentu saja anda juga bisa. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk tahu bagaimana sih caranya memulai bisnis […]

Apa yang Dimaksud Dengan Bisnis Online

Apa yang Dimaksud Dengan Bisnis Online?

Jaman semakin berkembang dan sekarang kita tahu bahwa internet merupakan kebutuhan paling penting setiap orang. Apakah anda bisa membayangkan jika di jaman modern ini tidak ada internet? Tentu kita tidak akan mendapatkan informasi dengan mudah seperti sekarang ini ya. Karena jaman serba canggih, kita jadi bisa melakukan banyak kegiatan secara online. Bahkan sekarang pun sekolah […]